Wednesday 17 April 2013

Pakaian Kerajaan Korea ala Drama part 3

3. Pangeran, Menantu Raja, pejabat sipil, pejabat Militer, Kasim dan dayang


Pada dasarnya pangeran punya jubah yang berbeda dengan putra mahkota, Jubah mereka hampir sama dengan apa yang di pakai oleh para pejabat. Yang berbeda adalah warna dan pola pala lencana level status atau yang di sebut hyungbae.


(jubah berkerah bulat yang dipakai pangeran Gwangpyung ini di sebut dalryongpo, warnanya ungu)

Pangeran Suyang dan Pangean Anpyung "The Princess Man" Memakai dalryeongpo ungu sementara pangeran Yang Myung " The moon that embrace the sun" dan Menantu Yeom memakai dalryeongpo merah tua sedangkan Menantu Jong " The princess Man" memakai jubah warna biru bukan merah
(mungkin jubah berwarna ungu untuk pangeran dari ratu sedangkan pangeran dari selir warna jubah mereka merah)
Jubah sehari hari para pejabat juga dikenal dengan nama dalryeongpo

Warnanya tergantung dari level status :
Merah untuk ranking 1 senior - ranking 3 senior
Biru untuk ranking 3 junior - 6 ranking junior
hijau untuk ranking 7 junior - 9 junior
selama masa awal dinasti joseon satu warna jubah hanya merefleksikan satu level status tapi kemudian dalam perkembangannya mereka mengadaptasi dari dinasti di China.
Lencana status atau hyungbae di buat dengan sulaman pola awan dan binatang : derek untu    petugas sipil dan hopyo (harimau macan tutul) untuk tugas militer. hyunngbae dengan dua pola binatang untuk ranking 1-3 dan pola dengan 1 binatang untuk ranking 4-9

 (semua menteri memegang tongkat kekuasaan yang terbuat dari gading "The moon that embrace the sun")

Untuk acara khusus seperti pengumuman dari keputusan kerajaan dari raja, para pejabat ini akan memakai jubah khusus berwarna merah yang di sebut jobok. Yanggwan, mahkota dengan dua jumbai yang tergantung di konde.

Dayang pengiring juga punya jubah tersendiri yang disebut gungyeo, Mereka biasanya memakai dangui, jaket punya ratu atau putri tapi tanpa geumbak atau pola emas. Warna dan gaya rambut berbeda tergantung dari level status. Yang paling tinggi di sebut sanggung.
para sanggung memakai dangui warna hijau gelap giok. juga memakai binyeo dan cheopji, konde kecil dengan bentuk wanita joseon yang sudah menikah, kepang yang diikat jadi satu, Nain(dayang di bawah sangung) memakai jubah warna giok yang lebih terang, gaya rambut mereka sama dengan model sanggung, Nain magang memakai dangui berwarna pink tapi lebih sering mereka memakai jeogori pink. Model rambut mereka sedikit berbeda mereka memakai saeng meori. kepang yang diangkat ke atas kepala dan mereka memakai daenggi untuk hiasannya.
(jo sanggung memakai silver cheopji di kepala dan binyeo(depan), model rambut nain magang(merah di belakang)
variasi warna di pakai oleh nain spesial raja sejong "Deep Rooted Tree" mereka memakai jaegori berwarna giok gelap.

Tapi kalau nonton Dongyi ada dayang khusus investigasi, warna dangui mereka biru tua untuk sanggung dan biru terang untuk nain .
( dangui berwarna biru tua)

(nain biru terang)

(Di Drama dongyi sanggung warnanya dangui nya juga hijau tapi nain magangnya biru.)


(Kasim Hyung sun "The moon that embrace the sun" warna jubahnya mirip sanggung, warna giok tua)


akhirnyaa selesai juga tentang pakaian kerajaan korea nyaaa,, pakaian yang lainnya entarr aku cari lage yaaaa??

semoga artikel ini bermanfaat........

No comments:

Post a Comment