Monday 15 April 2013

Pakaian Kerajaan Korea ala Drama part 1

Negara korea itu sangat pandai menjaga kebudayaan mereka selain itu mereka juga sangat pandai dalam mempromosikan kebudayaan mereka salah satu nya dengan drama saeguk mereka, yang pastinya sudah mendunia, siapa yang gak tau drama korea ???
Lewat drama saeguknya membuat kita mengetahui atau bahkan mencintai  budaya korea,
postingan ku kali ini akan membahas tentang pakaian kerajaan korea di drama - drama saeguk mereka langsung aja yaaaa !!!
  1. Raja dan Putra Mahkota
 yang paling sering dilihat di drama adalah jubah besar berwarna merag dengan lambang naga untuk raja, mereka menyebutnya Gonryongpo, pakaian ini  juga pakaian harian raja dan putra mahkota,, kira - kira mereka punya berapa yaaaa kan tiap hari harus ganti baju,, masak gak pernah ganti ?? hehe



 Gonryongpo di pakai oleh raja yang berkuasa, putra mahkota dan anak laki - laki pertama dari putra mahkota ( calon putra mahkota). Perbedaannya terletak pada warna dan lambang naga.
merah/scarlet, tapi kadang juga merah marun,, pernah liat kan raja siapa yang pernah memaki jubah merah marun,, yuupp raja Sukjong, Dongyi.

(keren kan raja ji jin hee.. hehe)
untuk putra mahkota dan anak laki - laki pertamanya memakai warna biru.
untuk lambang naga, raja memakai naga dengan lima jari yang di kenal dengan nama ohjoeryongbo sedangkan putra mahkota memakai sajoeryongbo,naga empat jari. Untuk anak pertama dari putra mahkota memakai wearssamjoeryongbo, lambang naga berjari tiga, waaah jadi pengen memperhatikan jubah raja -- raja di drama saegukkk,, hehe

raja di iljimahe (koq warnanya hitam yaaa? , tapi emblemnya juga naga kok )

  (raja soo jongki,, hehe "Deep Rooted Tree" young king )

(Tua nya Raja soo jongki,, hehe)
(Lee hwon sebagai putra mahkota memakai biru.atau ke ungu-ungan )

sebagai pelengkap dari gonryongpo, Mahkota di kenal dengan nama ikseongwan. Di drama selalu warnanya hitam tapi sebenarnya gak selalu hitam koq, banyak variasi warnanya. Di pinggang sabuk dengan giok di sebut gakdae.

Untuk acara-acara khusus seperti penobatan dan pernikahan, raja memakai jubah special yang bernama myeonbok, ada dua jenis myeonbok , gujangbok "pakaian sembilan simbol" untuk raja dan sibijangbok " pakaian dua belas simbol" untuk kaisar (ayah raja kali yaaa??)
disebut gujangbok karena ada sembilan simbol yang tersulam di jubah.
(saat pernikahan hwon"the moon that embrace the sun")
yuuukk di liaat yang dimaksud 9 simbol itu : naga pada kedua bahu hwon, lima puncak di belakang , api, naga dan puncak - puncak di rok (mungkin karena dia putra mahkota) dan api di keliman tangannya.

Warna jubah hitam kemerahan untuk di luar dan ungu untuk warna bagian dalam. Jubah ini ukurannya lebih pendek di banding dengan jubah yang normal jadi lambang - lambang yang tersulam di rok tetap kelihatan . Baju dalam (lebih sering gak keliatan) di  kenal dengan nama jungdan, berwarna putih dengan keliman warna biru. Daedae adalah sabuk di pinggang berwarna merah dan putih yang di gunakan untuk mengencangkan rok, sabuk pinggang, hyeokdae dipagari oleh giok, jade. Ada sepasang giok yang disebut pae, tergantung di hyeokdae. Rok berwarna pink mawar( atau merah). Pelindung lutut, pyeseul di ikat bersama ke pinggang di balik rok tapi kini biasanya di jahit ke rok. Berukuran persegi panjang, di buat dari sutra merah dengan kain hitam yang melapisi tepinya.
(di liat lagi yuukk dari gambar ini jubah hyeokdae persegi, bagian atas dari rok.)
dan ada lagi namanya Husu, yaitu bagian belakang yang berumbai, lebih jelas liat bagian belakang menteri yoon.

Mal adalah kaos kaki merah yang dipakai bersama dengan sepatu merah yang disebut seok. Dan untuk tutup kepala, mahkota yang di sebut myeonrugwan. banyaknya manik-manik di myeonrugwan menunjukkan status si pemakai : 12 untuk kaisar , 9 untuk raja dan 8 untuk putra mahkota.
Raja juga baju militer yang di gunakan saat keluar dari istana atau untuk tugas militer
saat lee hwon keluar istana (tapi saat gak nyamar loo yaa karena raja yang satu ini seneng banget nyamar  pasti baju yang ini jarang di pakai,, heheh)

waaah ternyata banyak banget  yang di pakai dan ternyata simbol - simbol di jubah Raja ada maknanya sendiri,, jujur aku gak pernah memperhatikannya,, 

my next artikel akan membahas tentang pakaian yang di pakai para Ratu, Ibu Suri dan Putri,
apa akan sebanyak yang di pakai para Raja, dan putra Mahkota ??
aku rasa akan lebih banyakk,, tunggu my next artikel ya ??






No comments:

Post a Comment