Friday 21 June 2013

DRAMA DONGYI VS JANG OK JUNG Part 1

Tulisan ku kali ini aku akan membahas tentang drama yang lagi seru-serunya di korea , JANG OK JUNG.
semua readers pasti dah tau tentang jalan cerita drama ini, drama yang bercerita tentang salah satu selir raja Sukjong di era joseon ini sangat menarik di tonton, tapi juga bikin kepala pusingg
# me: jujur gara-gara drama ini bikin aku pusing sebenarnya sejarah mana yang betul di drama dongyi atau di drama jang ok jung?

kali ini aku akan menulis tentang perbandingan antara dua drama ini
yuukk langsung ajha
1. Cast Pemain


Ji jin he as raja Sukjong
Han hyo jo as Choi Sukbin
Lee so yeon as Jang hee bin
Bae soo bin as Chae chun soo
Park ha sun as Ratu inhyun
Jun ji young as Kapten seo yong gie

Yoo ah in as Raja Sukjong
Kim tae hee as Jang hee bin
Han seung yeon as Choi Sukbin
Hong soo hyun as Ratu Inhyun
Jae hee as Hyun chi soo
Lee sang yeob as Pangeran Dopyung

di cover drama dongyi terlihat Sukjong, dongyi, Jang hee bin , Chun soo, Ratu Inhyun dan Seo gie. Sedangkan di drama Jang ok jung, dengan cover yang lebih terang terlihat raja sukjong (raja sukjong nya lebih muda dr di dongyi, lbih fresh juga,,hehe ;( ) , Jang hee bin, Ratu Inhyun, Chi soo, pangeran Dopyung, dan choi sukbin.
dari cover ini aja sudah terlihat ada perbedaan, di drama dongyi tidak ada pangeran Dopyung padahal di drama jang ok jung peran pangeran Dopyung sangat penting karena dia merupakan salah satu member cinta rumit ini,, hehe


2.  Karakter cast
  • Sukjong
Dongyi :

raja sukjong di gambarkan raja yang bijaksana, sangat peduli dengan rakyatnya, karena di drama ini cerita berpusat di dongyi , maka digambarkan betapa besar cinta sukjong kepada sukbin , walaupun begitu di drama ini juga di kisahkan cinta sukjong kepada jang hee bin terlihat ketika jang hee bin di hukum minum racun raja sukjong terlihat sangat terpukul, dan kehilangan.

JOJ :
raja sukjong di gambarakan  seorang raja yang sangat ingin menyeimbangkan kabinetnya,(bahkan menggunakan ratu ingyoeng), kaku (dia ingin kekuasaan hanya di tangannya), dan yang menurut ku agak nyesek di drama jang ok jung terlihat raja sukjong seperti tergila-gila kepada jang hee bin(adegan raja sukjong yang mengunjungi jang hee bin dan langsung tidur di pangkuan jang hee bin padahal saat itu jang hee bin sedang ada tamu yaitu ratu In hyun , dan saat sukjong memperlihatkan kemesraannya dengan jang hee bin ratu masih berdiri disana) menurut ku kalo di drama dongyi , sukjong masih menghargai perasaan In Hyun.
  •  Ratu Inhyun 
Dongyi :

Ratu Inhyun digambarkan orang yang tidak begitu berambisi, bahkan lebih terlihat pasrah, lemah lembut.

JOJ :

Ratu Inhyun di gambarkan orang yang berambisius(dia sangat ingin menjadi ratu), dia juga berani menentang jang hee bin.
  • Jang hee bin
 Dongyi :

Jang hee bin di gambarkan seorang selir yang pandai, licik, jahat. walaupun apapun yang dia lakukan semata-mata hanya untuk melindungi putra mahkota. dia takut kehilangan kekuasaannya. di drama ini jang hee bin di gambarkan sangat melindungi orang-orang nya(saat dongyi di interogasi tentang obat yang dikira racun untuk ratu inhyun jang hee bin datang menyelamatkan dongyi)

JOJ :

karena di drama ini jang hee bin merupakan main lead, dia lebih di ceritakan, tentang kisah cintanya dengan sukjong dia mulai dari kecil, bagaimana sulitnya dia masuk istana, jang hee bin di setelah menjadi ratu digambarkan seorang ratu yang paranoid (takut kehilangan perhatian raja sukjong). di drama ini lebih terkesan dia jahat karena takut kehilangan sukjong, sedangkan di drama dongyi dia takut kehilangan kekuasaan untuk putranya, pangeran yi yun.
  • Choi Sukbin
Dongyi :

dongyi di gambarkan seorang wanita yang cerdas walau dia dari kalangan bawah cheonim, dia sangat ceria, sangat peduli dengan masyarakat khususnya kalangan bawah, dia tidak tertarik dengan kekuasaan politik, dia masuk di istana sebagai dayang bagian musik, kemudian menjadi gungnyeo. saat dia menerima cinta sukjong dia terbebani dengan masa lalunya.

JOJ :

dongyi di gambarkan seorang dayang bagian air yang genit * i hate her caracter in JOJ di drama ini sampai saat ini(ep. 22) belum terlihat bahwa sukjong menyukai dongyi. di drama ini tidak di ceritakan tentang gungnyeo, dan dongyi pun tidak bisa membaca, beda dengan drama dongyi yang dia sangat cerdas.

  • Cha chu soo
 chun soo dan chi soo , menurut aku kedua orang ini adalah orang yang sama, tapi di drama karakter chi soo( aku sebut chi soo ajha ya?)

Dongyi :

di drama dongyi chi soo adalah sahabat kakaknya yang mencintai dongyi, tapi di akhir dia melepaskan dongyi supaya dongyi bersama dengan raja sukjong tapi dia tetep melindungi dongyi sampai akhir, bahkan melindungi pangeran yeoning setelah choi sukbin meninggal.

JOJ :

chi soo adalah teman masa kecil jang hee bin, dia adalah anak seorang desainer yang pernah merawat dongyi, chi soo di drama jang ok jung mencintai jang hee bin, bahkan setelah tau bahwa dia adalah seorang selir, dan setelah dia tahu bahwa jang hee bin ingin membunuhnya , chi soo bekerja sama dengan ratu inhyun untuk menurunkan ratu jang hee bin(setelah ratu inhyun di asingkan. jang hee bin menjadi ratu) dan mengangkat ratu inhyun menjadi ratu kemballi, ide chi soo juga untuk menggunakan choi musuri(dongyi) menarik perhatian raja sukjong

  • Seo young gie
sosok seo young gie hanya ada di drama dongyi, (mingkin di drama joj tidak di ceritakan begitu detail)
seo young gie adalah orang yang mengetahui masa lalu dongyi. tapi dia yang selalu membantu dongyi, dia adalah orang kepercayaan sukjong, sukjong sering menyuruh dia melakukan  penyelidikan secara diam-diam.

  • Pangeran Dopyung
beda dengan drama dongyi yang menceritakan seo young gie drama ini lebih menambahkan pada rival raja sukjong, pangeran Dopyung. di drama jang ok jung pangeran Dopyung adalah orang yang mengenal jang ok jung sebelum jang ok jung masuk istana, bahkan dia mencintai jang ok jung sejak pertama mengenalnya, tapi mengetahui bahwa dia adalah wanita milik raja, membuat pangeran Dopyung mundur (sampai ep. 22)

to be continue to part 2

126 comments:

  1. gw juga bingung,,,, kayaknya yang lebih mndekati sejarah dari joseon itu,,,,, yang dramanya jang ok jung

    ReplyDelete
  2. tp kalo aku lht di sejarah joseon wikipedia, ok jung emang yg mbunuh inhyun pake jampi2. tp ttp aja ku bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya kalau gue balas terlalu kejam. Kamu ngak nampak perkataan 'kononnya' ????????? Belum tentu itu benar. Itu hanya gosip,, :)

      Delete
    2. Semua komentar anda juga gosip.

      Delete
  3. Menurut aku lebih masuk akal film jang ok jung,choi sukwon cuma jadi alat buat ratu inhyun balik ke istana,masa sampe ada sih orang yg segitu baiknya,gak masuk di akal kalo film dong yi.kalo masalah film jang ok jung menurutku sebenarnya filmnya bagus banget,tpi gara - gara ratingnya rendah,akhirnya cuma sampe ep.24,kalo dong yi kan smpe 60 -an mkanya ceritanya jelas.mian kalo kepanjangan dan ada yg gak setuju

    ReplyDelete
  4. Geram bgt ma choi musuri.. ga rela joj minum racun..jd males nonton endingnya..hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sm setelah tau endingnya joj jd males...tp hasil dari nonton filmnya kebaw mpe skrg

      Delete
  5. kalo menurutku lebih mendekati dong yi.. karna, kisahnya jang ok jung itu terlalu drama... mulai dari kisah masa lalunya JOJ sama Suk jong. dan alesan JOJ untuk turun dari singgasana dan minum racun itu terlalu nggak masuk akal.. bisa dibilang itu nggak mungkin karna bener bener terlalu romance...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mengikut buku sejarahnya, Dong yi diusir dari istana hanya anaknya saja yang diambil menjadi raja. Sampaikan Dong yi ngak pernah lihat kejayaan anaknya. Akhirnya Dong yi mati di tempat kediamanya. Padahal, mengikut larangan.. Selir ngak bisa keluar dari istana selama raja masih hidup. Tapi, mengapa di drama Dong yi, Dong yi keluar kerana dia tahu posisinya. Itu salah! Dong yi juga bukan nama sebenar Choi Suk Bin.. :)

      Delete
    2. Choi Suk Bin juga bukan nama mbak.
      Nama sebenarnya nggak diketahui.Yang diketahui itu cuma nama marganya doang, yaitu "Choi".
      Suk-bin itu gelar, sama seperti Hui-bin.
      "Bin" itu merujuk pada selir tingkat satu atas (posisi selir tertinggi di Joseon, posisinya tepat di bawah Permaisuri).
      Sedang "Suk" itu artinya murni. Tiap selir yang menyandang gelar "-bin", pasti diberi gelar di depan "bin". Contoh lain, Hui-bin.

      Delete
  6. Ada beberapa kejanggalan dalam drama jang ok jung...kalau memang raja tdk ada perasaan sama sekali sama choi suk bin knp dong yi (sesuai historical record) sampai punya 3 anak?...yang pertama meninggal...yang kedua yeon ing geum jadi raja sukses dengan periode paling lama memerintah di joseon...jadi sangat aneh kalau Suk Jong sama sekali gak punya perasaan sama choi suk bin seperti yang digambarkan dalam drama jang ok jung...kemudian secara sejarah disebutkan bahwa setelah hee bin alias ok jung meninggal suk jong mengeluarkan dekrit bahwa tidak boleh ada lagi selir istana yang bs jadi ratu sehingga dia mencari ratu baru yaitu ratu in won...kalau memang dong yi atau choi suk bin berambisi jadi ratu knp dia tdk mewujudkannya aja dengan minta favor kpd sukjong malah (sesuai sejarah juga) malah mengundurkan diri dari istana dan memilih tinggal di luar istana...trus sesuai sejarah juga, ratu in won mengangkat anak dong yi, yeon ing geum utk jadi suksesor anaknya hee bin (jang ok jung)...kalau memang choi suk bin (dong yi) adalah penjahatnya, kenapa ratu inwon bersedia utk mengangkat anaknya...trus setelah meninggal tempat pemakaman dong yi dirombak dan dipugar lebih indah lagi oleh anaknya yeon ing geum yang saat itu telah menjadi raja sebagai bentuk kasih sayangnya pada ibunya choi suk bin....kalau memang choi suk bin sejahat itu knp anaknya menggambarkan dirinya sebagai org yang penyayang dan keibuan...yang terakhir suk jong sendiri (sesuai sejarah) meminta supaya dikuburkan disamping ratu in hyeon (min) dikatakan dia merasa bersalah krn sewaktu menjadi ratu dia jarang memperhatikannya...ya bgitulah kira2...menurutku dong yi lebih rasional dan mendekati sejarah...dan knp rating jang ok jung rendah ya krn rakyat korea sendiri sudah memahami sejarah sebenarnya...dan bagi mereka agak terlalu berlebihan apabila sejarah diputar agak terlalu mengerikan spt di drama jang ok jung...di korea sendiri in hyeon terkenal sebagai ratu yang lembut...dong yi adalah selir penyayang dan keibuan...sementara hee bin atau ok jung terkenal krn ambisi dan kecantikannya...lagian kelihatan kok dari gelarnya dong yi...choi suk bin (pure=suci hatinya)...sementata jang hee bin (beauty =cantik rupanya)...hehe sekian analisis saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya, Dong yi itu diusir. Jadi, Dong yi bukan keluar dari istana dengan rela hati.. Mengikut larangannya, selir raja ngak bisa keluar dari istana selama raja masih hidup. Tapi Dong yi melanggarnya, Dong yi bukan nama aslinya. Jadi Choi Suk Bin bukan 'suci hatinya' hanya gelarannya diberikan. :)

      Delete
    2. Lebih masuk akal tu jang ok jung , di wikipedia pun gk diketahui kisah sebelum dong yi jdi selir tpi di film dong yi udh ada . Film ok jung kan diambil dri novel terkenal.

      Delete
    3. Oh ia , sebenarnya anaknya jang ok jung tu jdi kaisar/raja , tpi krn diracunin sama anaknya dong yi (gk tw namanya) makanya anaknya jang ok jung tu cuman mimpin hanya 4 thn

      Delete
    4. Dari mana tahu kok Choi Sukbin iusir dari istana? Memang benar kalau aturan istana mengharuskan selir harus tinggal di istana. Tapi setiap adat pasti punya peraturan2 khusus untuk keadaan yg khusus pula.

      Setahu saya, Sukbin diberikan Istana Inhyeon oleh Sukjong, dan itu sebuah bangunan yang megah. Semasa hidup di luar istana, dia kelihatannya kerap berhubungan dengan istana. Terbukti, dia turut mengirim obat2 an ke istana saat Permaisuri Inwon sakit (Inwon: Permaisuri Sukjong setelah Inhyeon). Mungkinkah orang yang “dihukum berat” bisa sampai dipercaya memberikan obat pada Permaisuri? Jika Sukbin keluar istana lantaran diusir karena ambisi politik dan semacamnya, mana mungkin dia diperkenankan mengirim obat pada Permaisuri.
      Terlebih, putra Sukbin justru diadopsi oleh Inwon. Bila Sukbin ditengarai berambisi dalam politik, jelas Inwon tak akan mengadopsi putra Choi Sukbin. Itu bisa menggoyahkan posisi Putra Mahkota Yi Yun, putra Ok Jung. Terlebih ibunya (Ok Jung) telah tiada kala itu.
      Saya pribadi beranggapan bahwa keluarnya Sukbin dari istana karena keinginannya sendiri. Dan itu didorong atas kesetiannya pada Min Inhyeon. Pertemuan Sukjong dan Choi sendiri karena Choi merayakan ulangtahun Inhyeon yang telah diasingkan. Dia juga berani mendukung Inhyeon secara terbuka, padahal saat itu Ok Jung menjadi Permaisuri. Dan seperti kita tahu, urusan istana dalam adalah urusan perempuan. Bahkan Raja sekalipun tak bisa semena-mena mengintervensi. Jika Choi mendukung Inhyeon, berarti sama saja menentang Ok Jung. Jelas dia akan rawan bahaya.
      Alasan karena dia tak keluar istana langsung setelah Min inhyeon wafat, sepertinya Choi Sukbin ingin memastikan keamanan putranya dulu.
      Saya akui kalau ini hanya pendapat pribadi terkait keluarnya Sukbin dari istana. Jadi sah saja bila kalian memberi komentar.
      Tapi ada sebuah fakta lain yg mungkin tak kalian sadari. 1718 M, Sukbin wafat di usia 49, bersamaan dengan Sukjong yang turun tahta.
      Bila penulis blog terlihat sangat suka menghubung2kan kebijakan politik Sukjong dengan cintanya dengan Ok Jung, saya juga ingin melakukan hal yang sama kali ini.
      Bisa jadi, Sukjong merasa sedih akan wafatnya Sukbin, dia sangat mencintai Sukbin, sehingg saat Sukbin wafat, lantas memilih turun tahta. Ini mirip dengan kisah Shah Jahan dan Mumtaz Mahal dari Mughal, India. Bisa jadi kan?

      Delete
    5. info dari mana tuh klo putra Choi suk bin meracuni PM Yi Yun??
      Pada 11 Oktober 1724, Raja Gyeongjong meninggal. Faksi Soron kemudian menuduh Pangeran Yeoing melakukan sesuatu sehingga menyebabkan kematian kakandanya, berdasarkan usaha Faksi Noron sebelumnya yang bermaksud membuatnya naik tahkta dan menggantikan Raja Gyeongjong. Tapi para sejarahwan sekarang sepakat bahwa Raja mungkin saja meninggal akibat keracunan makanan laut, berdasarkan dari gejala-gejala penyakit yang menyebabkannya meninggal. Homer Hulbert memaparkannya di bukunya The History of Korea, di mana ia mengatakan, "Tapi kita mungkin saja boleh meragukan kebenaran dari rumor itu, karena tak ada yang dikatakan mengenai indikasi bahwa ia mungkin melakukan tindakan seperti ini, dan hal yang kedua seseorang yang akan makan udang, yang dibawa dari laut yang berjarak 30 mil tanpa es, di tengah musim panas bisa saja dimungkinkan meninggal..
      sumber : wiki

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Hai aku di 2023, udah lama aku baca2 blog ini beserta baca 1/1 komentarnya 🀣.
      Semuanya memang rata2 dari opini masing2, trus gak salah juga kalo penulis di blog ini hanya membagikan perbandingan kedua drama.
      Nah ceritanya balik ke pribadi masing2, kalo suka drama romantis bisa pilih drama joj,
      Tapi kalo pengen nonton drama saeguk berlatar sejarah ya bisa pilih drama dong yi.
      Aku yg suka drama saeguk tentang kisah nyata ya aku lebih memilih drama dongyi.
      Udah nonton ke 2 drama ini, bahkan aku nyari di blog2 lain tentang kisah raja joseon di drama ini yaitu sukjong.
      Banyak blog yg aku baca, ada 1 blog yg dia memang menceritakan kisah lengkap sejarah joseon, sampai 2 kerajaan sebelum joseoun yaitu goryeo dan silla, bahkan silsilah keluarga kerajaan nya pun dikupas tuntas disana, dan blog tsb tidak hanya menceritakan berdasarkan drama, org nya emang all out banget cari informasi, dia sampai datang ke perpustakaan negara, aku lupa apa nama perpustakananya yg pasti itu di jakarta, hai yg dijakarta. Dia cari tepat di rak dimana memang buku2 sejarah korea ada disana.
      Well balik lagi ke dramanya,
      Utk jadi perbandingan, coba nonton drama2 yg menurut aku sangat berkesinambungan atau berlanjut.
      Part 1

      Delete
    8. Coba tonton drama : ini aku tulis berurutan kisahnya.
      1. Dong yi kisah awal kehidupan dari sukjong, joj, dong yi dan kedua putra selir.memang di sillok tidak disebutkan nama asli dari dong yi, tapi jelas dikatakan kalau dia berasal dari kelas rendahan. Dan joj ayahnya adalah seorg bangswan kelas menengah dan ibunya seorg gundik. Dia menjadi pelayan istana ratu atau ibunya raja sukjong, tapi karena peraturan istana raja sukjong harus menikah dari pilihan tetua keluarga istana .karena kecintaannya pada joj membuatnya menjadikan joj dayang istana dan sampai pada selir bin atau tingkat 1 senior.
      Kalau dicari di internet saja, selir tercantik dinasti joseon memang benar adalah jang ok jung, itulah yg membuatnya sangat terkenal bahkan saat ia meninggal pun tidak ada yg menandingi kecantikannya, dan wajar saja kalau sukjong sangat mencintai joj, sukjong adalah manusia biasa, benar dia mencintai joj, tapi karena sifat joj yg mulai berubah dan bertemu dong yi disitu raja mulai berpaling dari joj, hal ini juga masuk akal kalau joj mulai jahat karena dia takut kehilangan cinta sukjong, ditambah lagi saat dong yi memiliki putra, ketakutan joj semakin bertambah, dia takut kalau putranya diganti. karena pada masa kerajaan seperti itu seseorang bisa saja diusir atau bahkan dibunuh hanya karena siapa yg dekat dengan raja, hal ini lah yg membuat joj takut dan mulai membenci dong yi, karena perhatian raja sudah ke dong yi, dia harus menguatkan posisinya agar tidak diusir atau dibunuh hanya karena raja tidak memperdulikannya lagi, apalagi setelah ia turun dari tahta ratu, dia memang tidak diperdulikan lagi oleh sukjong karena ketahuan melakukan kejahatan pada ratu inhyeon dan benar ratu inhyeon adalah ratu yg paling lemah lembut. Dan di drama dong yi bisa dilihat alasan joj dihukum mati dengan racun, semua drama tentang joj memang dikatakan ia mati dengan meminum racun. Jadi gak masuk akal di drama joj , kim tae hee yg jadi joj minta dihukum minum racun sembari senyum2 ke sukjong hanya karena di fitnah.
      Pasti ada alasan jelas kenapa itu semua terjadi, nah di drama dong yi lah menjelaskan dengan gamblang mengapa sukjong memberi titah ke joj untuk dihukum mati. Karena kejahatannya yg sudah banyak, sehingga tidak bisa lagi sukjong mengelak utk tidak mengukumnya termasuk memikirkan putra mahkota(putra joj) semua drama termasuk di drama haechi yg disebutkan menteri yg menyebabkan ibu dari raja gyongjong mati minum racun karena ibu dari pangeran Yeon in.
      Ratu inwon sangat menyayangi pangeran yeon in terbukti dari salah satu sillok, dikatakan bahwa para pengawal istana pernah sedang mencari pangeran yeon in, pangeran yeon in bersembunyi dibalik rok nya ratu inwon. Ratu inwon selalu berusaha untuk membantu pangeran yeon in.
      Dongyi yg keluar dari istana adalah ingin mengabdi pada rakyat diluar istana dan ingin memberikan hak veto secara menyeluruh kepada ratu inwon yg mengadopsi pangeran yeon in.
      Sukjong tidak mencintai dong yi di patahkan dalam banyak hal, yg pertama dari dong yi sukjong bisa punya tiga anak walaupun hanya pangeran yeon in yg selamat, yg kedua pada masa dinasti joseoan berdiri hanya pangeran yeon in yg pernikahannya dibuat sangat meriah oleh sukjong. Itu karena kecintaannya pada dong yi dan pangeran yeon in.
      Sama dengan joj, dong yi juga dibuatkan paviliun khusus utk mereka, dan dikatakan istimewa pada joj adalah pada saat pembangunan paviliunnya itu adalah pada masa joj baru ditunjuk menjadi seorg selir dan joj tinggal disana, joj hanya pindah ke istana lain yaitu istana ratu saat menjabat sebagai ratu, saat turun tahta joj kembali ke paviliun yg diberikan sukjong padanya. Tidak ada yg berlebihan jika seorg raja saat mencintai selirnya rela melakukan apasaja utk menyenangkan selirnya itu, dan tidak diambil lagi walaupun sudah tidak dianggap lagi, banyak selir2 raja ketika sudah tidak dicintai lagi diletakkan di istana bagian belakang dan joj hanya kembali ke paviliunnya,.

      Part 2

      Delete
    9. Dan kenapa joj diturunkan dari tahta ratu tapi tidak diasingkan itu hanya agar posisi putra mahkota tidak digoyahkan, dan sukjong yg mencintai putranya tidak tersakiti, karena para menteri akan terus memojokkan lawannya.
      Ya memang benar kalau joj berambisi akan kekuasaan terlebih saat mulai diabaikan oleh sukjong.
      Karakter seo yong gi disana memang fiktif tapi besar kemungkinan memang banyak org yg membantu dong yi di dalam istiana, dilihat dari posisinya yg bisa sampai ke seling tingkat senior "bin".
      Semua yg punya kuasa atau yg disukai raja pasti akan ada yg melawannya dan banyak juga yg mendukungnya baik karena dong yi sifatnya baik atau hanya utk mengokohkan posisinya, ya seperti itulah politik di istana, yg berkuasa akan makin banyak yg mendekati utk kepentingan pribadi dan kelompoknya. Itu bisa terjadi pada siapa pun.
      Part 3

      Delete
    10. Makam dong yi memang jauh dari sukjong akan tetapi dekat dengan raja yengjo ( anak dongyi, pangeran yeong in) berkuasa, karena dia ingin dekat dengan ibunya, dan berusaha mati2an utk memperoleh gelas sebagai ibu negara oleh yengjo,
      Berbeda dengan gyongjong iya juga berusaha membersihkan nama ibunya joj, tapi ditolak oleh para menterinya. Karena memang raja gyongjong kurang bijaksana atau tidak stabil dalam pemerintahannya yg hanya bertahan selama 3 tahun saja karena meninggal.
      2. Haechi kisah tentang anak2 joj dan dong yi saat mendapatkan tahta dan saat raja gyongjong ( putra joj meninggal) bersasarkan fakta sejarahnya memang banyak sejarawan berpendapat kalo raja gyongyong mati karena keracunan makanan laut pada musim panas tanpa es
      Part 4

      Delete
    11. 3. The trone adalah kisah tragis putra pangeran yoeon in atau raja yengjo(cucu dong yi) yg dikisahkan mengalami penyakit mental dan dihukum mati oleh raja yengjo, dia dimasukan kedalam peti penyimpnan gandum dan dalam 7 hari kalo gak salah dia mati lemas. Dan dalam catatan sejarah kisah raja yengjo cacatnya pada saat ini lah saat ia membunuh anaknya sendir dan saat pembantaian agama katolik di joseon, karena yengjo menganut konfusianisme. Ini juga jelas ada dalam sejarah atau sillok kerajaan. Pada masa pemerintahan raja yengjo banyak kemajuan2 dan menjadi satu2nya raja yg paling lama berkuasa. Dan salah satu raja termasyur atau masa termakmur dimulai dari ayahnya yaitu raja sukjong, jadi pada masa pemerintahan raja yengjo yg membuat buruk namanya hanya pada saat ia menghukum mati putranya ini. Dan jelas di sillok kerajaan ini ada disebutkan.
      4. The red sleve ini kisah cinta cucu raja yengjo(cicit dong yu) yg menjadi pewaris yengjo, setelah putra yengjo putra mahkota sado dihukum mati dan disini juga dijelaskan bagaimana kehidupan cucu yengjo yg menjadi raja jengjo mendapatkan tahta dan para menteri masih membayang2i raja yengjo tentang ibunya (dongyi) adalah seorg pelayan kelas rendahan
      5. Fatal ecounter pemainnya hyun bin, ini kisah cucu yengjo yaitu raja jengjo yg punya musuh bebuyutannya, istri dari kakeknya yaitu ratu dari klan andong kim, dan membuang ibu suri ke istalan belakang, saat raja jengjo tiada ia mulai berkuasa kembali dan menempatkan para klan andong kim berkuasa, bisa di tonton dalam drama mr.queen, dimana raja diambil dari luar istana karena raja sebelumnya meninggal tanpa memiliki keturunan, karena ratu inilah yg menjadi salah satu alasa hancurnya dinasti joseon.
      Jika merujuk pada drama dong yi drama2 berikutnya nyambung satu sama lain walaupun tidak sedetail itu, ada beberapa fakta yg menjelaskan di drama 1 ke drama lainnya.
      Aku berharap ini bisa jadi rujukan teman2 untuk ditonton, aku ketiknya ini dari tahun 2023, tapi selesainya 2024 🀣🀣🀣 sekian dan terima kasih
      End

      Delete
  7. love JOJ better than dong yi..
    Menurutku cerita jang ok jung lebih rasional dan natural.
    Semua punya ambisi dan niat tertentu apalagi di jaman yg penuh intrik politik g ada lah ya orang yang bener2 berhati mulia, mementingkan orang lain dan pasrah2 aja.

    Mungkin bisa kunjungi artikel yang baru aku temuin ini ohisa.wordpress.com/2013/06/24/jang-hee-bin/
    hehe sorry :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari covernya saja bisa ketahuan penulis lebih menyukai serial JOJ dibandingkan Dong yi.. serial drama tidak bisa dijadikan rujukan,.
      org korea lebih mengenal sejarahnya sendiri makanya serial JOJ memiliki rating yg rendah krn menyimpang dari sejarah meski dalam JOJ tetap dipertahankan karakter ambisius seorang JOJ yg telah dikenal oleh masyarakat korea..

      Delete
    2. nga rasional lah di jang ok jung sampai ok jung meninggal suk bin belum punya anak padahal ok jung meninggal pada tahun 1701 pangeran yeoning yg merupakan anak ke dua suk bin lahir pada tahun 1694 jadi jelas terlalu di dramatic dan nga sesuai sejarah.

      Delete
    3. Ga rasional dan natural masa suk bin d gambarkan seperti itu,walau dr kelas paling bawah pasti ada pelajaran tata krama saat sudah di angkat menjadi selir apalagi selir tingkat pertama,,dan saat kematian joj seharusnya pangeran yeoning sudah lahir

      Delete
  8. Setuju ama Adam.. aku lebih suka drama Dong Yi dibandingin JOJ. dari segi sejarah, drama Dong yi lebih mendekati sejarah mengingat anak dong yi prince yeon ing geum merupakan salah satu raja di jaman Joseon. aku suka ama penggambaran bahwa lowborn jga bisa punya andil besar dalm dunia royal family.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi Dong yi kan diusir?? Mengapa di dalam drama Dong yi, Dong yi pergi dari istana? Sedangkan ikut hukumnya.. Selir raja ngak bisa pergi dari istana selama raja masih hidup.. :)

      Delete
    2. Setahu saya, Sukbin diberikan Istana Inhyeon oleh Sukjong, dan itu sebuah bangunan yang megah. Semasa hidup di luar istana, dia kelihatannya kerap berhubungan dengan istana. Terbukti, dia turut mengirim obat2 an ke istana saat Permaisuri Inwon sakit (Inwon: Permaisuri Sukjong setelah Inhyeon). Mungkinkah orang yang “dihukum berat” bisa sampai dipercaya memberikan obat pada Permaisuri? Jika Sukbin keluar istana lantaran diusir karena ambisi politik dan semacamnya, mana mungkin dia diperkenankan mengirim obat pada Permaisuri.
      Terlebih, putra Sukbin justru diadopsi oleh Inwon. Bila Sukbin ditengarai berambisi dalam politik, jelas Inwon tak akan mengadopsi putra Choi Sukbin. Itu bisa menggoyahkan posisi Putra Mahkota Yi Yun, putra Ok Jung. Terlebih ibunya (Ok Jung) telah tiada kala itu.
      Saya pribadi beranggapan bahwa keluarnya Sukbin dari istana karena keinginannya sendiri. Dan itu didorong atas kesetiannya pada Min Inhyeon. Pertemuan Sukjong dan Choi sendiri karena Choi merayakan ulangtahun Inhyeon yang telah diasingkan. Dia juga berani mendukung Inhyeon secara terbuka, padahal saat itu Ok Jung menjadi Permaisuri. Dan seperti kita tahu, urusan istana dalam adalah urusan perempuan. Bahkan Raja sekalipun tak bisa semena-mena mengintervensi. Jika Choi mendukung Inhyeon, berarti sama saja menentang Ok Jung. Jelas dia akan rawan bahaya.
      Alasan karena dia tak keluar istana langsung setelah Min inhyeon wafat, sepertinya Choi Sukbin ingin memastikan keamanan putranya dulu.
      Saya akui kalau ini hanya pendapat pribadi terkait keluarnya Sukbin dari istana. Jadi sah saja bila kalian memberi komentar.
      Tapi ada sebuah fakta lain yg mungkin tak kalian sadari. 1718 M, Sukbin wafat di usia 49, bersamaan dengan Sukjong yang turun tahta.
      Bila penulis blog terlihat sangat suka menghubung2kan kebijakan politik Sukjong dengan cintanya dengan Ok Jung, saya juga ingin melakukan hal yang sama kali ini.
      Bisa jadi, Sukjong merasa sedih akan wafatnya Sukbin, dia sangat mencintai Sukbin, sehingg saat Sukbin wafat, lantas memilih turun tahta. Ini mirip dengan kisah Shah Jahan dan Mumtaz Mahal dari Mughal, India. Bisa jadi kan?

      Delete
  9. thanks buat ulasannya.
    semua yang di sekeliling raja di dalam istana pasti haus kekuasaan politik.
    tapi menurutku karakter choisukbin lebih sesuai di film dongyi ;)
    dan biasanya raja yang bijaksana (yeongjo) dipengaruhi ibunya juga. hehe~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkemungkinan Choi Suk Bin hanya diperalatkan oleh Parti Barat untuk menempatkan kembali Ratu Inhyun. :)

      Delete
    2. Pernah belajar sejarah atau hanya penikmat sinetron neng? Sekolah dulu sono yg bener

      Delete
    3. sepertinya referensi ttg karakter JOJ dan Dong yi yg dipahami Dyg Qaisarah hanya berdasar Drama JOJ dibandingkan sumber sejarahnya..

      Delete
    4. Itu diatas yang 'Dyg' siapalah namanua,lu udah ribut ngotot lagi,kek tau orang asli Korea aje tau banget sejarah yang bahkan orang sejarahwan aje gatau,drama nua itu fiksi..baik JOJ atau Dong Yi kita gatau yang mana yang bener,lu berojol di masa era Joseon emang ampe ngotot?,kek paling tau aje,intinya gua lebih demen Dong Yi ketimbang JOJ,ribet amat dah--

      Delete
  10. ini pendapat saya ajah ya, saya lebih enjoy dengan serial jang ok jung. karena logis, kalau memang jang ok jung sangat jahat dan haus kekuasaan, tapi kenapa hanya dia yang memperoleh banyak keistimewaan, seperti
    1. hanya jang ok jung yang dibangunkan kediaman istiwa yaitu chwi seon dang, dimana selir dan pemaisuri yang lain ndak
    2. anak laki - laki pertamanya adalah dengan jang ok jung, bukan dengan yang lain, sampai mendapat gelar won - ja, yakni putra sulung raja.
    3. setelah di gulingkan dari pemaisuri, bukannya diusir seperti ratu inhyun tapi dikembalikan ke posisi semula, yakni hee bin, selir tingkat 1.
    itu mah pendapat aku ajah ce,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu bgt cinta sejati raja ya jang ok jung itu,,dia nuruti smua kemauan ok jung

      Delete
    2. 1. Semua anggota keluarga kerajaan pasti punya tempat khusus di istana kali.
      2. Anak kan anugerah Tuhan. Mau anak laki2 pertama Sukjong lahir dari rahim Ok Jung atau wanita lain, itu mah kehendak Tuhan. Toh sebelumnya Sukjong punya anak dari Permaisuri Ingyeong, cuma mati di usia belia.

      Delete
    3. JOJ tidak diusir krn tidak pantas ibu seorang putra mahkota tampa gelar makanya dia ttp hidup di istana, Di korea sn kisah Dong Yi lebih mengena berdasarkan sejarah

      Delete
  11. Q lebih suka drama dongyi
    cz cerita detail n benar" ada pemain
    bukan jang ok jung yg seperti orang jahat ambisius n terkesan jahat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jang Ok Jung ngak jahat, Ok jung hanya ingin melindungi anaknya yang pada masa itu terkena cacar, Ok jung pun meminta dukun untuk mengubati anaknya. Jang Ok Jung juga pernah bilang di drama JOJ, . Jang Ok jung sangat mencintai raja, mana mungkin perempuan mana yang takut kehilangan perhatian sang kekasih??

      Delete
    2. kita semua punya selera masing-masing ada yang suka dong yi dan ada yang suka jang ok jung. perbedaan pendapat bukan masalahnya tapi kita bicara tentang bagaimana meluruskan perbedaan dan menyatukannya agar kebenaran terungkap... tapi jujur dong yi dan ok jung punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing...yang penting kita tetap satu .... indonesia !

      Delete
    3. Di drama dong yi juga ada scene dimana jang hae bin ngaku dia Gak mau kehilangan perhatian sukjong waktu suk jong mulai deket sama dong yi makanya dia mulai jahat tapi yaa emang lebay bgt di jang OK Jung dong yi d gambarin genit..

      Delete
    4. berarti sukjong bohong dong. secara menurut sejarahnya sukjong sendiri yang liat hee-bin sama shaman nari2 dan ngasih kutukan k inhyun

      Delete
  12. Lebih suka dong yi,gak suka bgt sama film JOJ
    Gila bikin peran choi suk been nya bener" gak tanggung" dibikin jahat bgt,gak masuk akal
    nyesel bgt beli kasetnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngak ada orang jahatnya itu bukan drama Susan, begitu juga drama Dong yi, Jang Ok jung jadi jahat juga bukan?? :)

      Delete
    2. Untuk meluruskan perdebatan...
      Sebaiknya bljar baik baik dlu sejarahnya..
      Jgn berpatokan pda drama...!!

      Delete
    3. Lucu baca komen2nya hihihi, kita sebagai penikmat drama korea jangan sampe ribut sendiri ah masalah sejarah korea kita mah ga tau apa2. Mau suka JOJ ato dong yi itu hak masing2 orang. Ga perlu sampe adu argumen apalai otot hehehehhe

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. lebih suka dongyi ketimbang okjung....
    d'drama okjung d'bilang okjung bkin ritual buat anakx yun yang sedang sakit,ankx wktu itu msh bayi..pdhl d'sejarah anakx joj udh 13 tahun... bhkn d'joj smpe queen inhyeon sama okjung mati gelarx choi ttp sukwon.. pdhl d'sejarah pangkatx udah 'bin' dan punya 3 anak.. 2 diantaranya meninggal..kalu emng crt aslix kya drama joj slmax choi sukwon tdk akn bsa punya anak.. dan sampai k'pangkat 'bin'

    ReplyDelete
  14. semua komentar lebih mendekati sejarah. memangnya kalian semua tau sejarah aslinya gimana??? itukan terserah kalian lebih senang nonton yang mana.

    ReplyDelete
  15. Setelah ngudek" google brp lama pendapat sy sih yg hampir sama dgn sejarahnya itu jang ok jung ,bukan brarti sy ga suka dong yi loh. Sy bahkan tergila2 sama sukjong yg di dong yi dan suka bgt sama chemistrynya sukjong & dong yi..

    Yg sy baca dr beberapa blog sini sampai blognya org korea langsung sukbin itu asalnya dr kalangan paling rendah trus masuk istana jd dayang air (bukan dayang bagian musik), waktu ratu inhyun naik lg jd ratu, ok jung dibalikin lg jd hee bin (ga di asingin ke luar istana) ,setelah ok jung meninggal ,sukjong langsung buat keputusan klo semua selir ga ad lg yg blh naik jd ratu (bukan karna sukbin yg minta ga jd ratu loh) ,sukbin diusir/dipindahin keluar istana karna ada yg bilang sukbin sakit parah trus di pindahin keluar istana ,ada juga yg bilang klo sukbin ketauan hampir mau bunuh selir sukjong yg lain & anknya tuh selir makanya diusir keluar istana dan yg msh jd pertanyaan sampe skrg ada yg bilang ok jung nyantet ratu inhyun (tp msh kira2) ada jg yg bilang klo ok jung emang manggil shaman buat doain anknya yg sakit (msh diragukan juga) dan yg terakhir makamnya ok jung ada di dlm satu kawasan sama makamnya sukjong ,makamnya sukbin malah jauh bgt dr makamnya sukjong.

    Tp dr keseluruhan sejarah yg sy baca ,yah yg hampir mendekati itu Jang Ok Jung. Sukjongnya keliatan biasa2 aja sama Sukbin malah keliatan bencinya sih (tp emang yg meranin sukbinnya bikin kesel haha). Yah itu sih pendapat sy saja ,balik lg ke masing" dr kita suka yg mana entah itu Dong Yi / Jang Ok Jung sama" punya kelebihan dan kekurangan juga kok :) sekian dr saya (baru ngeh panjang kan commentnya hahaha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendapat yang paling terkenal sih soal Jang Hee Bin itu manggil shaman buat ngebunuh Ratu Inhyeon, nenek saya orang korea, jadi pas saya nanya soal jang hee bin, saya diceritain detail sama mereka, kata nenek saya sih jang heebin itu tewas karna pas malem, sukjong mimpi didatangi ratu Inhyeon pakai baju kematian yang berdarah dan dia nunjuk ke arah Chwi Seon Dang(tempat tinggal Heebin Jang). Dan pas sukjong ngecek, ternyata jang heebin lagi ketawa ketawa bareng shaman sambil minum minum, raja ngeliat ada altar, trus ada foto ratu inhyeon yang dipanah. Nah makanya raja sukjong ngasih titah kerajaan buat ngeracunin jang heebin dan antek anteknya.

      Delete
    2. Kalau di masa itu ada foto, berrti kita masih liaht foto atau lukisan parah ratu ataupun selir.

      Delete
  16. kalo menurut aku lebih rasional JOJ, krn sifat manusianya lbh terlihat, lbh manusiawi, krn d jaman dulu gender sangat berpengaruh, krn latar belakangnya yg rendah, banyak yg berusaha menyingkirkannya.. dan kalian perlu ingat, cerita sejarah dibuat berdasarkan keadaan politik yg terjadi d masa itu, apalagi raja anaknya dongyi memerintah paling lama jd wajar ibunya diceritakan paling baik, sedangkan JOJ kebalikannya.. menurutku dr awal memang Raja sukjong sgt mencintai JOJ, masa pemerintahan yg penuh intrik politik yg memaksa JOJ berkahir tragis..
    sekian pendapat saya ^^

    ReplyDelete
  17. Lebih logisnya sama Jang Ok Jung

    ReplyDelete
  18. Menurut sejarah di korea sendiri memang cerita JOJ yang paling gk keluar jalur. Emang sii karakter Choi di JOJ terlalu lebay antagonisnya. Tapi kalo cerita Dong Yi kebanyakan fiktif jadi kelihatan bgt kalo peran utama haruslah baik hati. Kalau JOJ natural sesuai dgn sejarah jadi lebih real dan gk kayak nonton film dongeng yg dibuat buat. Disamping itu emang ada benernya di kisah Dong Yi tapi sedikit. It's my opinion.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyk lu tau sejarah korea aja sampe ngatain dongyi fiktif dan joj yg paling benar. Mainkan logika dong! Rating nya aja udah jauh beda. Klw joj yg emang paling mendekati sejarah, knp malah ratingnya kecil, apalagi joj yg meranin kim tae hee. Artis top korea. Masyarkat korea tentu lebih tau. Lo liat sejarah mana?

      Delete
  19. Saya nemang tidak pernah menonton serial drama joj dan yang saya tonton hanya serial drama dong yi. Sudah banyka blog yang saya baca yang berhubungan dengan serial joj dan dong yi meskipun joj hanya sekilasnya saja. Membaca di tempat lain lagi juga yang berhubungan sukjong dan juga yang hal lainnya, memang masih banyak spekulasi dan maaf kononnya juga belum terbukti, setelah membaca komentar di atas juga menurut rasa suka terhadap joj dan dong yi kembali lagi kepada selera yang menontonnya, saya sangat menyukai serial drama dong yi dan utk joj saya tdk terlalu paham. Tetapi terlepas dari benar atau tidaknya cerita ke dua cerita itu ataupun sesuai sejarah atau tidak, kembali lagi kepada selera suka atau tidak nya . Maaf jika komentar saya ada yg salah

    ReplyDelete
  20. Saya mengagumi sukjong yang di dong yi, chemistry antar dong yi dan king sukjong menurut sya sangat dpt

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  21. Hemmm, menurut saya drma dongyi lebih menunjukan intrik politik pada zamannya, dan jang ok jung lebih ke percintaan nya dengan sukjong.
    Menurutku drama dongyi dan jang ok jung ad kesamaan yaitu sama2jahat dan terbukti kalo jang ok jung memang mempunyai ambisius, drama dongyi lebih masuk diakal dari pada joj..
    Tp itu semua hanya drama yang dibuat utk menghibur penontonnya...
    Mungkin di drama semuanya jahat, tp mungkin juga di kehidupan nya choi sukbin dan jae hee bin adalah selir yg baik dan munglin mreka berteman. Itu hanya sejarah dan drama, siapapun bisa mengubah sejarah yg sebenarnya menjadi tidak benar...

    ReplyDelete
  22. Apa benar di drama dong-yi kalau JOJ memberikan pentunjuk kayak note nada gitu tapi dalam isyarat?? Mohon di jawab ya.. Pliss :) O:)

    ReplyDelete
  23. Apa benar di drama dong-yi kalau JOJ memberikan pentunjuk kayak note nada gitu tapi dalam isyarat?? Mohon di jawab ya.. Pliss :) O:)

    ReplyDelete
  24. Menurut gue, bagusan Dong Yi sih. Ceritanya detail, persis kayak wikipedia dan percintaannya gak lebay. Mungkin yg lebih suka JOJ tuh ngeliat cinta2annya deh ya. Dirating Korea juga Dong Yi lebih banyak yg nonton. Dan yaampun pls deh mikir aja deh pake logika logisan Dong Yi lah. Dari raja sukjongnya yg lebih bijaksana dan GAK EGOIS maunya semua kekuasaan didia. Dong Yi nya ya mikirlah. Mana ada sih pelayan istana pas udh jadi selir malah minta lebih. Dan tolong, DONG YI GAK DIUSIR YA. Jd menurut gue gak usah ngomment kalo gatau. Gua ngomong gini bukan karena memihak Dong Yi. Tapi liat aja Hee Bin-nya. Lbh logis yg mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Orang keluarnya Choi Sukbin dari istana belum jelas penyebabnya.. Ini udah ngatain kalo "diusir".

      Delete
    2. Benar lagi pula di joj terlalu di dramatisir raja sukjong nya tergila2 sama hee bin kan nga masuk akal kalo sukjong tidak punya perasaan sama suk bin nga mungkin sampe punya anak tiga nga logis 😊 jelas aku lebih suka dong yi

      Delete
    3. Aah nonton ulang 2 drama ini menurut nama nya drama pasti tokoh utama masing2 lbh menonjol sih,,walau lebih suka dong yi😁,krna iya mungkin sukjong cinta banget sama joj tp ga mungkin dia ga punya rasa ama suk bin,,seorang pelayan air dr kelas paling rendah dpt gelar bin dan anak nya punya kesempatan jd raja,,

      Delete
    4. iyya... terlepas dari sejarah
      aku cuma pengen ngomentari drama nya aja... heheheh

      pas nonton Dong Yi, aku begitu tergila2 dengan Raja Sukjong dan membayangkan, begitu wibawa dan bijaksananya beliau

      tapi ketika nonton Jang Ok Jung, kok aku jadi kesyel dan gak simpatik sama Raja Sukjong, jadi ngebayangin... pasti ini cuma untuk drama aja, karena Raja Sukjong yang aku baca dari berbagai sumber sejarah, Raja Sukjong adalah Raja Termashyur pada jamannya..

      aku tim Dong Yi (lebih natural).......hehehehehehe...

      Delete
  25. Alasan sukbin keluar dari istana yaitu demi anaknya... Yeongin geum...
    Sukbin sadar diri,meskipun Ok jung uda meninggal tp partai soron dan noron masih mempermasalahkan kasta sukbin dan pangeran yeongin.
    Agar pangeran yeongin tidak direndahkan dia diangkat jadi anak ratu In won... Jadi sukbin keluar dari istana biar status pangeran yeongin sbgai anak ratu in won diterima partai soron dan Noron... Kalo sukbin masih diistana itu partai ga bakalan puas... Jadi dual berkorban...
    Selain itu sukbin juga pengen ngabdi sama rakyat diluar istana...
    Terbukti sukbin dicintai rakyat melebihi heebin... (Baca wikipedia)

    Sukbin memang cerdas (ga kaya di film JOJ) mknya menurun ke pangeran yeongin... Yg terkenal jenius dan sukses memimpin joseon dalam waktu yg lama...
    Bohong besar yg bilang pangerang yeongin membunuh kakak tirinya (anak heebin)...
    Mereka sesama anak sukjong paling akur dan mendukung 1sama Lain.
    Alasan kematian anak heebin (alergi kepiting) bukan dibunuh yeon ing... Jaman dulu cacar aja bisa mati... Alergi juga sama... Jd jgn nuduh he he he piss (^o^)

    ReplyDelete
  26. Cuma 1 kesamaan Dari 2 drama ini kalo raja suk jong emang cinta bgt sama jang OK Jung..Dan kalo d drama dong yi karakter dong yi lebay bgt g ada jahat2nya sedangkan manusia pasti punya sisi jahat biarpun itu ada alasannya trus gw juga g suka d jang OK Jung si dong yi d gambarin genit bgt ...tapi di 2 drama ini karakter yang paling keren itu jang OK Jung ..gw suka karakter dia yang walaupun haus kkuasaan tapi ttep alasan dia karna cinta banget sama raja

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sih ini, dongyi di drama dongyi terlalu baik pake banget tapi di drama jang ok jung juga karakternya aneh...

      Delete
  27. Ntah kenapa lebih suka drama DOng Yi sih justru ak nglihatnya kalo dr sejarah lebih ke DOng Yi yg ceritanya lebih benar. AK menilai dr cerita sejarah yg menyatakan bahwa Raja Yeongjo sbg raja terlama dan juga bijaksana, tercatat bahwa dy sangat mencintai ibunya sehingga saat kekuasaannya partai yang dulunya sempat melawan ibunya sangat ditekan. Sejarah juga mencatat bahwa Raja Sukjong dimakamkan didekat makam Ratu Inhyeon bukan Jang Ok Jung, karena Raja menganggap Ratu Inhyeon adalah permaisuri paling setia. Dalam sejarah Korea sendiri penggambaran Jang Ok Jung memang sebagai seorang yg haus kekuasaan dan ambisi, sedangkan Ratu Inhyeon adalah Ratu yg lembut hati bahkan seorang dayangnya menuliskan Kisah Ratu Inhyeon dalam sebuah catatan yang bahkan sampai sekarang masih ada. Berbeda dengan drama JOJ yang menyatakan bahwa yang baik adalah JOJ. Untuk masalah cinta, tidak ada yg tau ukuran cinta raja sukjong terhadap dong yi atau pun JOJ. tapi, dari sejarah saya liat bahwa Raja menyayangi keduanya bahkan Kedua anak dari masing2 selir menjadi raja. Jadi kalo menurut saya yang menilik dari sejarah justru yang lebih mendekati kebenaran adalah cerita dong yi. tapi jika it menyangku cinta raja tidak ada sejarah yang mencatat seperti itu. Saya lebih melihat kearah hisyorical yang saya baca dari internet berdasarkan rentetan kejadian. bahkan raja sukjong meninggal 2 tahun setelah dong yi meninggal.

    ReplyDelete
  28. saya ksih point pentingnya

    di literatur aslinya jang okjung di ceritakan sebagai wanita yang haus kekuasaan. bahkan sebelum dihukum minum racun dia sempat menyiksa sukbin (ga tau nyiksa gimana sih).

    jak okjung bukan designer pakaian. well, dia memang termasuk salah satu dari 4 wanita tercantik dalam sejarah asia sih.

    jang okjung py chwi seon dang, tapi choi sukbin punya bo seon dang dan istana inhyon yang jadi tempat sukjong mmenghabiskan waktu saat muda.

    tidak ada catatan kalo choi sukbin diusir dari istana tapi ada catatan dia sakit dan menerima perawatan tabib istana di istana inhyon yang dikasih KHUSUS buat choi sukbin.

    well no one that kind of course, saya juga yakin kalo ratu inhyon dan sukbin juga ga sebaik itu kok. tapi diliteratur, ratu inhyun terkenal dengan kebaikannya dan choi sukbin dengan gelar selir sook yang artinya purity.

    jang okjung bukan selir pertama yang jadi ratu jika dilihat dari silsilah kerajaan joseon. jadi salah kalo sukjong ngeluarin perintah pelarangan selir jadi ratu karena ingin okjung jadi satu2nya selir yang jadi ratu.

    jang okjung daripada di bilang melindungi putra mahkota, dia lebih tepat dibilang takut kehilangan kasih sayang raja. well, putra mahkota tidah mudah digoyahkan apalagi sudah dapet pengakuan dari dinasti china.

    heebin diturunkan kembali jadi selir dan tidak diusir karena sukjong takut kasus yeosanggun akan terulang lagi. yeosanggun membunuh neneknya ratu insu dan mmenjadi raja diktaktor setelah tau kalo ibunya ratu yoon yang diusir dari istana meninggal karena dihukum minum racun. jadi heebin masih dimaafkan tapi saat sukjong tau heebin mengutuk ratu nhyun, heebin dihukum minum racun.

    raja memang mencintai okjung apalagi setelah okjung melahirkan putra mahkota tapi saat sukjong sadar kalo okjung haus kekuasaan, dia mulai jauh dari okjung dan dekat dengan choi sukbin.

    ReplyDelete
  29. dua2nya keren dramanya , tergantung dr segi apa lihatnya masing punya kelebihan sendiri . klo soal sejarahnya , apa kata Tuhan aja gitu lho . hahahaha . dasar nih pada byk yg kepancing emosi n jd berantem argumen gara2 drama padahal sejarah yg sbenar2nya n akurat ttg dongyi n ok jung kga ada , pada baca literatur doang , tanya sama mbah2 dong yg masih hidup yg jg ada di jaman itu baru ngeh smua mana yg bener (kalo masih ada) haha . biarin dong yi n ok jung tenang di sana , jgn di omongin mulu kasian lho , org mati diomongin mulu . haha . komen ttg drama/filmnya aja sih , jgn berdebat ttg sejarahnya dulu sblum buktinya jelas . sumpah bikin perpecahan lho lama2 , ada unsur2 ngejek gt komennya jadinya . bikin partai barat n selatan dah lama2 . hha .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju namanya juga manusia pasti ada sisi gelapnya apalagi hidupdi istana dan pertarungan antar wanita itu sungguh sadis😬😬😬 tetap ya cinta matinya Sukjong hanya untuk joj tp dia juga sayang kok sama semua ratu dan 7 selirnya

      Delete
  30. Keren kisah king sukjong diributin dimana2, tapi menurut saya dimanaoun di dunia ini sejarah dibuat oleh penguasa. Biasanya sang pemenang ( yang dominan berkuasa ) yang mencatat sejarah.bisa jadi penulis cerita JOJ keturunan partai selatan yang mau meluruskan kisah, dan sebaliknya penulis dong yi bisa jadi keturunan partai barat hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. FYI, catatan sejarah joseon dibuat oleh sekretaris negara, juga dibuat tanpa pengaruh raja. raja joseon jg bkn raja diktator yg ga mgk digulingkan.

      Delete
  31. Keren kisah king sukjong diributin dimana2, tapi menurut saya dimanaoun di dunia ini sejarah dibuat oleh penguasa. Biasanya sang pemenang ( yang dominan berkuasa ) yang mencatat sejarah.bisa jadi penulis cerita JOJ keturunan partai selatan yang mau meluruskan kisah, dan sebaliknya penulis dong yi bisa jadi keturunan partai barat hahahahaha

    ReplyDelete
  32. Saya sangat setuju dengan pendapat raii irwan. Dandi tambahkan....penulis tiap partai pasti ingin 'aktor' nya jadi baik. Sejarah orng masa lalu tidak bisa di ketahui dengan jelas. Apalagi dengan ulasan yg begitu minim. Tidak mana yg benar dong yi atau JOJ. Jangan mengambil kesimpulan dari sinetron. Tpi klo menurut ku begini "buah ngk pernah jatuh dari pohonya".....orng tua yg baik akan membuat anak tersebut menjadi sukses. DNA pun jga mempengaruhi.
    Sm satu lagi ngapain jadi ribet ngurusin sejarah orng. Klo luas nya daerah nusantara atas nama sumpah palapa belum dapat di pastikan???. Itu dulu ygdi urusin.

    ReplyDelete
  33. iihh KOK PAYAH Ya NALAR NYA
    kalau kalian bilang gk ada org segitu baik ny kek di DongYi aku bilang jga gk ada cinta selebay JOJ tapi raja bisa punya anak smpai 3 sma dong yi lihat tuu..SITUS RESMI..jngn lihat blog atau postingan org...yg ada malah ngahyal..
    Klian terlalu terbuai cinta raja ama JOJ sampe nalar ny KETUTUP
    ..Don Yi manusia sebaik itu ya mungkin aja...maka ny kisah ny sampai ditulis kn didlam sejarah sperti pahlawan..dan TOLONG nalarin ya Klau Don Yi di USIR,,anak ny gk bakal jdi RAJA..diasuh oleh ratu yg baru..(inwo)
    Kelihatan DARI RATting ny dong Yi lbih unggul..&detail..truzs drama DOnG Yi lebih diluan di putar dari pada JOJ..
    jadi uda pasti kalau ada kata ny keturunan dari partai joseon yg mau membenarkan partai uda Pasti JOJ..
    tpi orang korea pasti uda tau & lbih paham cerita asli ny maka ny malas nonton crita BOHONGAN..
    trus di JOJ..okjung masang altar uda terbukti malah di bilang berdoa...
    Ngak mungkin segitu pas ny...saat ok jung masang Altar ratu inghyeong MENINGGAL???
    BODOH TERLALU TERBUAI ROMANCE YANG BILANG JOJ MENDEKATI SEJARAH ATAU LOGIS...
    itu ada yg aneh BIlang DOng Yi dayang AIR?? sumber mna yg dia lihat smpe ada nama ny DAYANG AIR?? BODOHHHHH

    ReplyDelete
  34. Lebih seru JOJ kemana"
    Emang iya kebanyakan orang pasti lebih milih JOJ karena jalan ceritanya

    ReplyDelete
  35. Auh ah gelap :v yang penting suka dong yi gitu aja dah :D

    ReplyDelete
  36. Auh ah gelap :v yang penting suka dong yi gitu aja dah :D

    ReplyDelete
  37. dlu gw nnton dong yi, pas lg rame" nya bgt dan gw suka banget ceritanya . Trus kmaren" nntn jang ok jung . Karena nonton dong yi nya udah lama baget jadi lupa" inget . Nah udah smingguan ini gw nntn lagi dong yi 60 episode bablas . Tapi rasa suka gw nggak ilang" malah makin suka sma dong yi . Dan bertanya" soal JOJ ko jadi membingungkan hahah lebih rasional dong yi terlihat dr ratting.a dong yi smpe 60 episode sdangkan joj cma smpe brapa ya gw lupa . Dah gt kisah akhir joj agak ngganjel gtu ujug" d akhir episode. Udah gt sukbin nya disitu jahat. jadi makin aneh . Sedangkan sm sukbin raja smpe pnya bbrpa anak. Dr situ aja udah aneh sma sukbin versi joj . Pas joj nya mau di hukum racun ktmu sukbin bilang bhwa sukbin mungkin menang tapi hati raja cma buat joj . Hahah pdhal ma sukbin smpe pnya bbrpa anak dan bahagia.

    soal cinta raja . Awalnya raja emng cinta banget sama okjung dan disaat masih cinta sama okjung dy ketemu sama dong yi yg ternyata lebih dy kagumi dan cintai terlebih setelah tau bahwa okjung adalah orang yg sangat ambisius. Cintanya berpaling ke dong yi yg raja rasakan dong yi adalah org yg tulus . Singkatnya raja kecewa sm okjung. Gtu aja deh mnurut gw mah .


    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Delete
    2. Setuju bngt, , ,rasa cinta itu bisa ilang /bisa memudar kapan saja πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Delete
  38. Inti dari kedua cerita ini, menurut saya pada cerita JOJ ataupun Dong Yi, Ratu Inhyeon tetap memiliki sifat yang sama, yaitu baik hati, bijaksana, lemah lembut, penyayang, dan pemberani.

    ReplyDelete
  39. kalo menurut saya, yang hampir mendekati sejarahnya adalah cerita dong yi, itu lebih masuk akal. krn raja yeongjo ngk mungkin mati2 an membela ibunya yg keturunan kasta rendah, kalau ibunya adalah ibu yg terbaik. "buah ngk akan jatuh jauh dari pohonya", sosok rendah hati raja yeongjo dalam catatan sejarah asli korea, itu sudah jelas siapa orng yang telah membesarkanya, klo bukan orang paling terdekatnya, ibu. dan lagi pula di cerita dong yi jang ok jung, sebenernya jga ngk jahat kok, dia jadi begitu krn melindungi orng2 yang di cintainya, terutama raja sukjong. jadi bisa di bilang tipikal cembuaruan berat. persis kyak drma jang ok jung, tpi klo drma jang ok jung terlalu drama bener....sampe2 keliatan bgt klo rekayasa nya. dan yg paling heran, sampppeee jang ok jung mati, dong yi masih blum punya anak. padahal kita tau, dalam sejaranhnya antara anak dari selir hee bin dan suk bin ngk terlalu beda jauh usianya.monggo di cek lagi. klo memang benar pecinta sejarah, ngk hanya drama.

    ReplyDelete
  40. terserah aj.. gw suka dong yi.. krna pinter aja cri casting nya, suka peran Han Hyo Joo ... itu aja sih, total lihat film ni dah 4x (2010-2017) .. bagus n menyentuh aja, blm bosen jg diulang-ulang, pdhal mpe hafal scenes nya. ������

    ReplyDelete
  41. Setuju banget sama kommentnya HARAPAN INDAH CEMERLANG, di drama JoJ ada bbrapa yg gk msuk akal emg sprti raja sukjong yg gk suka sm choi suk bin Faktanya punya bbrapa anak πŸ˜‚ mikir aja masa gk suka bs punya bnyak anak ?? Trus yg kedua pas jang hee bin di tuduh melakukan konspirasi dlm pembunuhan ratu sebelumnya, kok choi suk bin belum melahirkan anak pertamanya pdhal Faktanya usia kedua pangeran dri masing2 ibu tidak terpaut terlalu jauh. Yg bilang JoJ lebih fact/real/mendekati sejarah coba nnton dulu drama JoJ dan dongyi trus googling faktanya di wiki/sumber trprcaya (JANGAN DI BLOG ORG LAIN ).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emberr orang gak cinta masa produksi terus ya gak?πŸ˜‚πŸ˜‚ Pasti ada alasan lain dong yi keluar istana namun gak tertulis di sejarah alasannya

      Delete
  42. Setelah nonton semua drama dan baca kisah nya jadi bingung. Dan ternyata ada hubungan nya sama ratu seondeok padahal ratu seondeok di drama the great quen of seondeok meninggal tak bersuami. Hmm kalau menurut aku sih sama sama bagus karena kalau di dongyi sisi buruk jang ok jung sangat terlihat. Sementar di drama jang kk jung sifat nya sendiri adalah baik. Jadi ada timbal balik

    ReplyDelete
  43. Hadir ah
    Q udah nonton semua saking penasarannya hehehe .. menurut q dramanya sama2 bagus kok dong yi dan joj yg pertama q nonton joj karena ep hanya 24 sedangkan dong yi ep 60 (jujur awalnya males nonton dong yi karena terbiasa nonton drama korea yg ep 16 hehehee)

    Tapi....

    -Di dong yi lebih greget gimana gitu di dong yi q berurai air mata sampek nyesek gitu nontonnya baguss bangett ectingnya sampek gk bisa ber kata2 dan hebatnya 60 ep q tonton hanya dalam 3 hari ..(biasanya nonton drama korea yg 16 ep aja sampek 5hari hehe)
    -Di joj ini menurut q kisah nya seperti drama korea pada umumnya.. q suka nontonnya romantisnya dapet banget tapi sayangnya disini ada banyak yg janggal dan ini emang dibuat pencinta drama korea romantis sepertinya .

    Jadi ...
    jika kalian pencinta drama korea romantis tontonlah joj disini kisah cintanya romantis bangeettttt sampek bisa senyum2 sendiri ..

    TAPI..
    jika kalian ingin yg gereget dan ingin banyak tau tentang kehidupan kerajaan yang keras tontonlah dong yi waw bangett ini drama (jangan berharap banyak adegan romantisnya di sini malah banyak adegan perangnya dan kasus yg gk selesai2 ) tapi disini lebih adil menurut q sih ..

    Dan untuk rantingnya di korea dong yi lebih unggul padahal pemainnya menurut q sih yg terbiasa nonton drama korea yg romantis sih ya gk begitu menarik..

    Sedangkan di joj pemainnya wow bangett bening2 cuy tapi apadaya rantingnya lebih rendah dari dong yi ..

    Dapat disimpulkan dari jumlah episode yg banyak dan ranting yg tinggi dong yi lah yang masuk ke hati masyarat korea..

    Terimakasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  44. Pada sok tau banget emang pernah tinggal di Korea?? Tau sejarah Korea juga palingan dari internet. Lagian tau dari mana dong yi di usir? Kalau cinta dengan Ok Jung saya yakin memang raja awalnya cinta sama Ok Jung. Semuanya ketikan itukan menurut saya menurut saya. Gak ada sumber yg pasti.di nikmati aja filmnya.

    ReplyDelete
  45. bukti nyata cinta sukjong ke hee bin.
    1. jang hee bin di buatkan bangunan khusus yaitu chwi seon dang. sementara para selir lain bahkan ratu pun tidak.
    2. putra jang hee bin. yakni lee yoon yang 'hanya' anak selir di beri gelar won-ja ( putra sulung) padahal jelas2 ratu in hyeon masih hidup. kenapa?
    3. dekrit tidak ada lagi selir yang bisa menjadi ratu setelah jang hee bin bukankah terlihat seperti pengukuhan? bahwa prestasi selir yang menjad ratu hanya bisa di capai oleh jang hee bin?
    4. kenapa pemakaman jang hee bin justru satu lingkungan dengn raja tapi choi suk bin tidak? bukankah karna raja tetap mencintai jang hee bin.


    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Siska indah sari itu pernyataan ke 2, 3 dan 4 seperti ny berdasarkan versi kmu pribadi deh.. Contohnya di no.2
      2. Kenapa cuma anak ok jung yang di beri gelar wonja, bkn anak ratu inhyeon? Karna ratu in hyeon gk pnya anak laki2,malahan gk punya keturunan. Sedangkan gelar wonja utk anak laki2 tertua raja era joseon.
      Kita boleh beropini tapi jangan sampai terlalu melenceng komentar kita. Drama jok ataupun dong yi memang berbeda, yg suka drama cinta2 dan romantisme aja ya nontonla jok, yg suka intrik politik nonton dong yi.. Tapi bkn berarti apa yg kita suka, bebas sekehendak kita mengabaikan fakta sejarah..

      Delete
    3. Siska indah sari itu pernyataan ke 2, 3 dan 4 seperti ny berdasarkan versi kmu pribadi deh.. Contohnya di no.2
      2. Kenapa cuma anak ok jung yang di beri gelar wonja, bkn anak ratu inhyeon? Karna ratu in hyeon gk pnya anak laki2,malahan gk punya keturunan. Sedangkan gelar wonja utk anak laki2 tertua raja era joseon.
      Kita boleh beropini tapi jangan sampai terlalu melenceng komentar kita. Drama jok ataupun dong yi memang berbeda, yg suka drama cinta2 dan romantisme aja ya nontonla jok, yg suka intrik politik nonton dong yi.. Tapi bkn berarti apa yg kita suka, bebas sekehendak kita mengabaikan fakta sejarah..

      Delete
    4. 1. Semua selir dan anggota kerajaan punya bangunan tempat tinggal masing-masing dan Chwi Seon Dang itu milik  Jang Hui-bin tapi Choi Suk-bin juga punya bangunan tersendiri. Dan jika menurut kamu pemberian bangunan adalah bukti rasa cinta Sukjong, pada 1704 Sukjong memberikan Istana Yihyeon pada Choi Suk-bin yang merupakan istana tempat Sukjong menghabiskan waktu masa mudanya dan pemberian Istana Yihyeon ini tertulis dalam Sillok Joseon untuk Raja Sukjong.
      2. Won-ja itu hanya gelar yang diberikan pada anak laki-laki tertua raja tanpa memandang siapa ibunya ratu atau selir dan memang kebetulan dan merupakan suratan takdir kalau anak laki-laki pertama Sukjong dari Jang Hui-bin. Fyi, sebenarnya Sukjong sudah punya 2 anak perempuan yg meninggal muda dari Ratu Ingyeong dan Ratu Inhyeon itu tidak memiliki anak. Dan semua anak laki-laki Sukjong berasal dari selir. 3 dari Choi Suk-bin yaitu Pangeran Yeongsu, Pangeran Yeoning dan satu tanpa nama dan 1 dari Park Myeong-bin yaitu Pangeran Yeonryeong.
      3.  Jang Hui-bin bukan satu-satunya selir yang lernah menjadi ratu. Sebelumnya ada Yoon Suk-ui yang menjadi Ratu Jeheon pada masa Raja Seongjong. Dan alasan mengapa Sukjong mengeluarkan dekrit tsb masih belum diketahui tapi kemungkinan besar adalah untuk menjaga posisi putra mahkota Yi Yun karena jika selir tingkat 'bin' lain naik apalagi yang memiliki anak dapat membahayakan posisi Yi Yun sebagai putra mahkota.
      4. Memang benar makam Sukjong dan Jang Hui-bin  berada dikawasan yg sama yaitu Seooreung. Tapi sebenarnya makam Sukjong berada tepat bersebelahan dengan Ratu Inhyeon dan Ratu Inwon sedangkan makam Jang Hui-bin terpisah sendiri. Ada cerita bahwa Sukjong meminta untuk dimakamkan disebelah Ratu Inhyeon karena merasa bersalah semasa hidup tidak terlalu mempedulikan Ratu Inhyeon.

      Delete
  46. Dari semua film dan drama yg menceritakan tentang sukjong, inhyun, jang hee bin, suk bin. drama JOJ inilah yang ceritanya paling "nyeleneh" dari semua cerita hehehe

    Film jang hee bin 1961, jang hee bin 1967, drama jang hee bin 1995, jang hee bin 2002 dan dong yi (aku sudah nonton semua hahaa) punya cerita sama (kecuali bagian apakah suk bin berasal dari dayang musik atau musuri dan beberapa bagian)
    sifat setiap pemain nya untuk semua film dan drama tadi banyak yg samaaaa

    Sukjong yang bijaksana, inhyun ratu yang baik dan lembut, hee bin yang ambisius, suk bin yg care pada inhyun

    Pertama kali liat JOJ kok agak gimana gt ngeliat "penggambaran para tokohnya"
    Pas tau rating nya rendah.. ya nggak heran si karena JOJ menampilkan jalan cerita dan penggambaran tokohnya yang berbeda dr yang lain dan mungkin yg kebanyakan penduduk korea tau,

    Soalnya drama drama sebelumnya punya episode diatas 50 an.. bahkan ada yg sampe 100 episode dan rating nya lumayan baik hehe

    ReplyDelete
  47. Lebih suka dengan cerita dong yi dari pada joj. Kalau joj kkurang masuk akal ceritanya. Lebih masuk akal dong yi.
    Pokoknya lebih suka dong yi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe saya juga lebih suka dongyiπŸ˜‚πŸ˜‚ ceritanya berat tapi terasa tidak begitu berat😊

      Delete
    2. Di dongyi aja sampe taktik mecahin masalahnya di ungkap, plot twistnya dimana mana. Sedangkan di ok jung banyak mengarah ke percintaan raja dan selir.

      Delete
  48. Jang Ok Jung Versi Namin
    Dong Yi Versi Soron dan Noron Kalo gak salah.. Maklum Setiap Pandangan Mereka Beda2 .. Yang satu Membela Jang Ok Jung Yang satu Membenci Jang Ok Jung dan Lebih berpihak pada Ratu inheyon..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi sesuai version masing-masing 😁

      Delete
  49. Aku lebih suka Jang Ok Jung... Bikin Nyesek memang Penderitaan si Beliau dari Awal Sampai Mati Pun Menderita Banget hidupnya..Benar2 Live In Love ... #Begitulah Cinta .. Deritanya Tiada Akhir @°@°@°@$$$$$$&#*@°@°@°@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha quotes by cupatkaeπŸ˜…

      Delete
    2. Gue suka JOJ karena cuma 24 episode πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Delete
  50. Aku suka dong yi... lebih masuk akal dibanding joj ..drama dong yi di kisahkan jang ok jung awalnya org baik namun krn pengaruh org2 yg haus kekuasaan jadilah dia jahat juga

    ReplyDelete
  51. Dr judulnya aja keliatan kalo jang ok jung di live in love cuma dr sisi romance aja, jd banyak melenceng dr sejarah, kalian kan gak bisa nge judge dong yi cuma karena bagian endingnya juga, menurutku di dong yi lbh ke arah sejarah, mulai dr awal ok jung naik tahta jd selir sampe dia matipun semua disorot walaupun tokoh utamanya dong yi nya. Emang bagus akting mbak hyo joo sampe bnyk orng suka kemistry sukjong sama choi sukbin

    ReplyDelete
  52. Guys buat kalian yang bilang anak dongyi ngeracunin anak ok jung coba kalian tonton drama HAECHI, drama itu menceritakan raja sukjong dan kedua raja yg lain, raja gyeonjong (anak ok jung), raja yeongjo (anak dongyi). Anak dongyi dan ok jung akrab, anak ok jung (raja gyeonjong) gak bisa punya anak dan mengangkat adiknya (anak dongyi) menjadi penerus selanjutnya, yang di kenal dengan nama (raja yeongjo). Raja yeongjo ini sayang bgt sama kakaknya guys. Di drama itu kalau gak salah ada org yg ngehasut raja gyeongjong, dia bilang kalau raja yeongjo itu anak dri orang yg udah ngebunuh ibunya gyeonjong (dongyi yg ngebunuh ok jung), tapi raja gyeonjong gak percaya.. dia sayang bgt sama adiknya meskipun di awal dia ragu, dia takut adiknya ngambil tahta, tapi pada akhirnya dia nyerahin tahta itu ke adiknya.

    ReplyDelete
  53. Tonton aja drama HAECHI. Gak lengkap kalo nonton Dong yi dan jang ok jung kalo gak nonton Haechi. Haechi itu cerita tentang anak ok jung dan dong yi.

    ReplyDelete
  54. Menurut saya..lbh msuk akal dong yi drpada jang ok jung...krna di film jang ok jung dibuat rja sukjong tdk pnya prasaan sma skli sm don yi..pdhl klw mnrt aq..gk mungkin sukjong gk pnya prsaan sma skli dgn dong yi smpai mereka pnya anak 3...pdhl rja pda zmn joseon pnya bnyk selir..bkn hnya dongyi..dan trbkti jang ok jung hnya pnya ank 1..brarti mnrt ksimpuln q...rja sukjong mulai suka dongyi wktu dongyi jd selir dan mlai krg prhtian sm jang ok jung smnjk ada dongyi..mngkn utk lbh lngkp dan ngerti klian bisa nntn jg film haechi dan jackpot yg dipranin jang geun suk.

    ReplyDelete
  55. Waktu nonton film dong yi, waktu ratu Jang Ok Jung minum racun, langsung ga kutonton. Kurang ajar si dong yi. Walau di film dong yi, dong yi digambarkan baik hati, tapi dari segi moral, lha, yang bawa dongyi masuk istana kan Jang Ok Jung. Ini seperti peribahasa kacang lupa kulitnya. Macam pengkhianat. Waktu lihat ada film Jang Ok Jung. Ini baru bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahas moral lol kalau jahat dibela cmn gara2 jadi awal orang sukses gimana dunia ini akan menjadi dunia baik kalau isinyajadi jahat semua. Faktanya ratu minum racun juga karena titah raja bukan karena dongyi arau siapa pun di sejarah dijelaskan dimimpi raja ratu sebelumnya nunjuk kediaman selir jang sebagai pembunuh dia dan ketika membuka pintu dia lihat selir jang jampi2 mantan ratu. Kalau mau disalahkan yaraja karena hukum selir jang karena mimpi dia aduhhh

      Delete
  56. Baru nemu blog ini rame pisan euuuy yg komen.. setiap drama atau film itu berbeda jalan ceritanya tergantung penulis dan sutradaranya. Drama sejarah pasti ada bumbu2 yg diselipkan biar lebih greget, walau ttp pd alur sejarahnya. Klo mau lebih akurat mending nanya aja sm sejarahwan korea atau klo gak mau repot, coba tonton film2 korea ttg jang hui bin / jang hee bin yg dibikin thn 60 an... biasanya film2 lama gak terlalu bergeser jauh dr sejarah aslinya

    ReplyDelete
  57. Namanya juga drama tergantung penulis skenario nya lahhh πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  58. Halo semuanya, aku mahasiswi feb UI jurusan sastra Korea. Aku udah nonton ke2 drama yang dibahas disini. Dan sejarahnya pun aku sudah pelajarinya. And, sorry to say but yang paling mendekati sejarah asli literasi berbahasa Korea itu yang drama dong yi. Walupun memang, Choe suk bin nama sebenarnya bukan dong yi. Dan banyak penambahan 'drama' di ke2 Saeguk itu. Tapi, aku tegaskan lagi bahwa cerita yang paling mendekati sejarah adalah dongyi. Semoga menjawab pertanyaan dan perbandingan ya ��

    ReplyDelete
  59. Yg jelas sumber masalahnya cuma1 soal hati

    ReplyDelete
  60. Hai aku dari 2023:) sebenarnya sudah lama aku membaca blog ini. Kebetulan aku lagj rewatch drama Dong Yi, lagi. Entah sudah berapa kali dengan 60 eps yang sangat banyak jika dibandingkan drama-drama sekarang. Aku juga sudah nonton Jang Ok Jung. Sudah banyak sekali pendapat mengenai sejarah dan drama yang ditampilkan, jadi kurasa komentarku tidak usah begitu panjang. Yang ingin kusampaikan hanya, memanh Dong Yi adalah drama yang terbaik :)

    ReplyDelete